MAHASISWA KIMIA MENGIKUTI KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS MEMASUKI DUNIA KERJA UNIT PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DAN KARIR UIN MATARAM

Kegiatan ini dilaksankan di Lesehan Taliwang Nada. Hari Selasa 23 November 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari Sembilan program studi di UIN Mataram, yang dalam kesempatan kali ini mahasiswa kimia diwakili oleh M. Ramdhani. Narasumber acara ini adalah Idham Sofyan, S.Kom. Materi yang disampaikan beliau dalam kegiatan tersebut membahas tentang peluang, usaha, dan Internet, yang bertujuan memberikan peluang bagi mahasiswa dalam berbisnis diera 4.0. Beliau memaparkan peluang adalah suatu kesempatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan daya dimiliki. Usaha adalah upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya yang dimiliki. Internet dalam melakukan usaha, tidak luput dari internet, dalam melakukan marketing.

Pada saat ini revolusi industri yang kelima, kebanyakan yang kerja system dan mesin. Kondisi dan trend ketenaga kerjaan yang banyak lebih condong pada tamatan SD, SMP, dan SLTA dibandingkan yang berpendidikan perguruan tinggi dengan persentase 42% dan 12%. Sektor andalan NTB adalah pertambangan dan penggalian (PT Sumbawa Timur Minniny (STM) diperkirakan beberapa tahun kedepan akan menyerap ribuan tenaga kerja), kemudian jasa lainnya (pariwisata) meningkatkan sektor pariwisata diharapkan berpengaruh pada sektor lainnya. Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa kimia yang diutus dapat membangun keterampilan berwirausaha yang lebih baik lagi, terlebih selain mendapatkan pelatihan mahasiswa kimia juga dibekali oleh mata kuliah kimia industri dan kewirausahaan untuk mencetak para chemo-preuner yang tidak hanya siap untuk memasuki dunia kerja namun juga dapat merintis dan berani memulai usaha mandiri.