HMJ TADRIS KIMIA GELAR WORKSHOP KIMIA INDUSTRI DAN KEWIRAUSAHAAN

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Kimia kembali mengadakan kegiatan pada Sabtu, 3 Desember 2022. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya yang merupakan bagian dari cara mahasiswa tadris kimia menunjukkan kualitas mereka dari kuliah Kimia Industri dan Kewirausahaan dalam bentuk Workshop. Kegiatan ini bertema Sinergitas Kimia dalam Pengembangan Industri, tema ini sendiri dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa ke depannya alumni dari Program Studi (Prodi) Tadris Kimia juga dapat berperan tidak hanya pada dunia pendidikan namun juga dunia industri.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa tadris kimia juga berkesempatan menunjukkan beberapa keterampilan yang mereka miliki terkait dengan bidang ilmu kimia. Salah satunya adalah aksi yang menunjukkan kemampuan menggemgam api di tangan. Hal ini dapat dilakukan dikarenakan suatu pendekatan sederhana dalam ilmu kimia, yakni menjebak gas hidrogen dalam gelembung air sabun. Gas hidrogen yang terjebak dalam gelembung tersebut memiliki sifat mudah terbakar saat diinisiasi dengan api. Inilah rahasia dari trik tersebut.

Produk yang dihasilkan pada workshop kali ini adalah berupa parfum, sabun cuci piring, sabun cuci motor dan juga Softrika. Kegiatan ini sendiri dipandu oleh mahasiswa tadris kimia yang telah mengikuti mata kuliah kimia industri dan kewirausahaan serta alumni yang telah berhasil menjadi wirausahaan di bidang produk kimia. Selain itu, sebagai peserta kegiatan ini merupakan mahasiswa tadris Kimia pada semester 1 dan juga dari beberapa program studi lain yang tertarik untuk mempelajari pengembangan produk kimia rumah tangga sehingga diharapkan nantinya para peserta dapat secara mandiri menciptakan produk kebutuhan kimia rumah tangga setelah mengikuti kegiatan ini.